Sabtu, 25 Juli 2009

Nick Keluarga

Diposting oleh Evan

Di suku gw, suku melayu, gag tau ni adat istiadat ato memang sekedar rule di famili, Sapaan berupa Om n tante tu unik-unik.

*Unik gimana?
Kalo kite2 pade yg anak standart -anak indonesia general- kite pade nyebut tante. Nah, di Malay, tante bisa disingkat dengan ma plus apostrop, jadi ma'. Kalo anak indo asli pade nyebut paman atau Om, kite2 biasa sapa pak atau Om juga. hehe. Tapi sapaan ma' n Om ini beda.

*Beda gimana??
Gini, di keluarga gw ada sapaan seperti OmCe, OmSu, PakLong, Ma'Long, Ma'chu, Ne'su, dsb
Nah .. Setiap sapaan tu da artinya sendiri, tergantung pemakaian. (Haha, emank Obat .. ^^)

*Laah! terus napa??
Ah, nyebelin bgt sii .. banyak nanya!
Contoh ya, PakLong ialah Om Sulung. Dari penggalan Lung di Sulung, diganti Long di bahasa malay ini. Kebalikannya Ne'su, ialah Nenek bungsu. Atau ada juga Ma'ngah, dari Mama tengah. Maksudnya Mama yg bukan sulung n bukan bungsu.

*Ow, bgitu ..
Nyaho lu ? Jadi, sapaan kayak gini mank sengaja dibuat n diberikan pada orang yang bersangkutan agar mudah disapa. Juga, diberikan supaya mereka mudah diingat. Sapaan itu mewakili urutan lahir saudara di suatu keluarga. Orang lain pun tau, mana yang paling tua, mana yang paling muda, mana yang Pak, mana yang ma' ..

Ya kan?
Bisa juga sebagei singkatan dari nama.
Contoh, OmBas dari Om Baskoro. Atau OmHen dari Om Hendri. Dan sebagainya ..

Bisa ditangkap kan?
Ada juga yang rada kreatip, ni yang paling unik. Sapaan aneh yang sengaja diberikan untuk mengungkapkan ciri khas orang yang disapa.
Contoh, OmCe dari Om Kece. Menurut gw tu pas banget. Tapi my sist malah nganggap tu Om Celek, alias Om Jelek.
Lagi, da juga Pak Itam. Artinya ? Uda jelas tu dari nama. hoho

Nah ..

O yap! da juga pengalaman gw yang pas lagi unyil saat itu.
Om gw disapa OmDay. Gw pikir pikir dan terus memikir. Day .. what is 'Day'? yang gw tau, 'Day' itu 'hari'. Atau Day itu yang biasa lelaki begaya cewek itu, rada kemayu kemayu .. Ups salah, itu 'Gay' ..
Teka-teki ini belum terungkap dengan jelas. Maklum, gw enggak sepintar Detektif Conan yang secara semenit 5 menit kasus kematian langsung terungkap.

Gw makin bingung. Sehari semalam gw penasaran n bertanya tanya, 'hal seperti apa yang terdapat dibalik misteri konyol ini??'
Sesal malamnya, gw ajak bokap ke rumah nenek di kotabaru, Pontianak-KalBar. Pas itu ada si OmDay n keponakannya yang lebay. (Haha. Pas banget!)
Ngumbring di rumah nenek, gw denger dialog si OmDay n si Lebay itu.

"OmDay, nanti kita ke mal ya?"
"Nanti malam aja. Bareng yang lain ya."
"Ntay ajak si Yona juga, OmDay"
"Iya, Rona kn. Haha. Si Raufal diajak nda?"
"Iya, Yaufal juga."
"Yaudah, mandi dulu sana. siap2."

-1 jam kemudian-
Si ponakan udah selesai mandi dari tadi, OmDay pun beranjak pergi. Bokap langsung pamitan mau pulang.
"Pulang juga, Dar" Bokap pamit, "Kamu pamitan dulu sama nenek", gw pun salim nenek.

Di perjalanan, gw nanya bokap tentang nama asli OmDay. Bokap jawab, "Gusdar"
Hmm. Jadi begitu.
Si Lebay itu terbiasa mengubah 'y' di setiap 'r' yang ada. Jadi, kata yang seharusnya 'OmDar' disulapnya menjadi 'OmDay'. Gw pun terpedaya.
Tapi yang penting, Kasus pun terungkap.

Selamat bwt gw .. hoho

Yawdah gitu aja doeloe yah..
Smoga apa yang gw inform bermanfaat bagi anda2 yang ngebaca post ini ..
Siiya!

0 komentar: