Minggu, 30 November 2008

Games ala anak sekolahan

Diposting oleh Evan

Setiap anak tentu memiliki problema tertentu dalam menjalani berbagai aktivitasnya, terutama dalam masa sekolahnya. Baik SD, SMP, maupun SMA. TK sengaja gag gw masukin dalam kategori, karena yang namanya TK, masa dimana anak masih tergolong mungil n Luthu2 ini, isinya cuma maen ayunan n gundukan pasir. Ya.. maksimal mereka hanya mengenal mengeja huruf abc ampe z, ngitung angka 123 ampe infinity, atau apapun yang simpel2 seperti cebok abis (maaf) 'pup' dan sebagainya.
Ya gag??

Nah... kalao Mahasiswa n mahasiswi, ni gag gw sebut disini. kenapa, tanya kenapa?
well... gw ngerti banget perasaan elu2 pade, mahasiswa juga manusia... maksudnya manusia yang mempunyai problema dalam menjalani variety activity-nya (yeey! lebay bgt c gw)
Tapi nah lo, Liat tema donk, pak, bu... sekolahan. Jelas bgt ia, level mahasiswa beda jauh ma siswa (SD, SMP, SMA). Kuliahan ma sekolahan. Uang jajan ma uang recehan. Pensil mekanik ma pensil kayu... (Lho, paan ni? ^^)
Begitu, So That...

O iya, terakhir gw informasikan, kalau di pikir2 tema ini juga ada sangkut pautnya ama mahasiswa, karena 'game' ini juga biasa di mainin ma mereka (kurang tau jelas c ya pastinya, sebagian besar begitulah). Bapak2 juga demikian. Not only bapak yang uda kerja (maen 'game' nyambi kerja included), but also pengangguran (gag ada kerjaan alias BeTe included).
Gw hanya focusing ke temanya aja, sekolahan. Karena ini identik banget ma gw yang saat ini masih nak sekolah, yang bentar lagi naek pangkat menjadi mahasiswa, setelah lulus UAN n SPMB nanti pastinya... (amin, doain ia ^^)

Ok, kembali ke alur post ini...
Untuk mengatasi keribetan tersebut, saya selaku anak yang sayang ama bapak dan ibunya, memberitahukan kepada para pembaca bahwa ada solusi mutakhir yang akan moga2 membasmi ke-BeTe-an dan mengusir problem aktivitas di dunia yang kemungkinan akan mengglobalisasi untuk menjadi hangat ini (yaelah! sebut aja global warming napa...)

Apa itu?? Ini dia, BEHOLD! Hhohoho!! (Hiperbola bgt c)

1. SOS
Ni game paling gaul yang sering di mainin anak remaja saat ini. Sifatnya multiplayer alias 2 orang. Dilakuin mayoritas di sekolah, pas istirahat ya cocok banget, pas pembelajaran bosen ya Ok Ok aja, pas pacaran ya mungkin2 aja kalau pasangannya lagi kebelet mw SOS-an...
cara mainnya... simpel banget. Km bikin kotak2an gede di kertas (inget! jangan di tembok ia), ukuran mau 5*6 atau 20*25 terserah tergantung durasi bermainnya mau ampe kapan. Terus pemain pertama tulis 'S' atau 'O' di tiap kotak manapun, begitu juga pemain kedua. Proses ini belangsung terus menerus ampe kotak penuh Pemain yang berhasil menggelitik teman bermainnya hingga ngakak2 mau mati, ialah yang menang...(Lho? diluar skenario neeh!)
Pemain yang berhasil membuat perpaduan 'SOS' terbanyak, ialah yang menang.
BegituLah. Menguji ketelitian banget neeh ya...

2. X & O
Ni sifatnya sama seperti 'SOS'. Multiplayer, dilakuin di sekolahan (biasanya), n suka b^ker sembarangan... (gag mungkin lah, ni jelas sotoy bgt)
Tujuannya ialah membuat perpaduan simbol X atau O secara horizontal (melintang), vertikal (membujur), maupun diagonal (miring). Siapa yang berhasil duluan, dia yang menang
Cara maen, bikin kotak2an di kertas, tapi kotak2an ini beda ma yang di 'SOS', bukan sembarang kotak, kotak ini harus berordo sama alias panjang n lebar kudu plek sama lengthnya. Tetapi yang biasa di pakai adalah 3*3, karena 3*3 ini gampang di mainin. Selain itu angka 3 ini angka keberuntungan gw... (Apa hubungannya??)
Udah? yoo lanjut, kalian suit terlebih dahulu untuk menentukan giliran, karena ni essential banget nentuin keberuntungan kamu, menang apa kalah.
Udah? yoo lanjut, pemain yang menang tulis simbol X atau O di kotak manapun, pemain yang kalah tulis simbol yang beda ma yang pertama. Kalo yang pertama X, yang kedua kudu O, begitu juga sebaliknya.
Nah...simpel bukan?? gw gitu Loh!! (kok jd muji diri ndiri??)

3. Tebak kata - cara 1
Ni game tersederhana dan yang sering dimainin para kawula muda, di sekolahan khususnya.
Caranya ialah pemain menebak kata yang di tentukankan seseorang (di bahasan selanjutnya gw sebut si X), dengan cara guest huruf2 yang ada. Dilakukan sampai 10 kali (biasanya). Jika berhasil menebak dalam kurang dari 10 kali, kamulah pemenangnya. Tapi jika tidak, maaf... kamu gag beruntung saat ini, coba lain kali.
Sebagai contoh, si X milih kata 'jennifer lopez'. Tuk permainannya, buat strip2 sesuai dengan jumlah huruf dan letak spasinya. Seperti:
-------- -----
Ok, saatnya bermain!
Pemain pertama guest 'E', jadi: -E----E- ---E-. Lalu 'A', jadi : 'nihil', gag ada perubahan. Lalu 'N', jadi :-ENN--E- ---E-. Lalu 'J', jadi :JENN--E- ---E-. Begitu seterusnya ampe 10 kali nebak2 hurufnya...
Kalau kamu ngerasa yakin banget kata itu adalah 'Jennifer lopez', lekas sebutkan pada si X. Jangan ragu2, kamu bisa menjitak si X gara2 itu karena kamu pemenangnya....
OK?? inget jangan ragu2, karena Jitakan bikin pinter, man! karena setiap satu jitakan berarti menyumbang 1/1000000 saraf berupa nutrisi otak ke temen kamu, Hebat bukan?? Hhohoho ^^

4. Tebak kata - cara 2
Ternyata ada juga loh, cara main tebak kata yang paling seru. menguji wawasan seseorang. Dilakukan massal, banyak orang pula. Hayoo, tau gag?
Gini, pertama2 tentuin dulu kategori kata yang ingin dimainkan, misalnya nama hewan, iklan, artis, pemain sepakbola, dan sebagainya. Tapi kalau kamu ngerasa orang pintar, cobain deh nama2 latin di pelajaran biologi atau nama2 ilmuwan di dunia sains... Weleh2
Nah, begitu udah ditentuin, Lalu 'hom pim pah' dech! tapi stylenya beda2, bisa bentuk 5, 3, metal, Ok, f^ck, dan sebagainya. Trus, diitung tiap jari2 yang nonjol. Ngitungnya juga beda, bukan pake 123, melainkan pake ABC...
Jika berhenti di Huruf 'P', segeralah sebut kata yang sesuai dengan kategori dan dimulai dengan huruf 'P'...
Hayo...Hayo
Gw ya... Misalnya nama hewan 'Patrick star!!' (bintang laut), nama iklan 'pedigree' (makanan doggy), nama latin biologi 'panthera tigris' (nama latin harimau)... Wih! Pinter juga gw!

5. Four Number
Ni game melatih kejelian dan pikir logic kita. Dilakuin 2 orang.
Tujuannya ialah pemain harus menebak paduan 4 digit angka yang telah ditentuin lawan main. Tiap angka harus beda2, contohnya 1234 atau 9847, bukan 1111 atau 5668. begitu juga si lawan main harus menebak si pemain yang pertama tadi.
Lha susah donk, gimana caranya, mas?
Gini, misalnya pemain pertama milih nomor 3647. Pemain kedua milih 2905. Jika pemain pertama menebak nomor 2193, pemain kedua kudu kasi clue +1 dan -1, dimana (+) menunjukkan jumlah posisi digit yang tepat dan (-) menunjukkan jumlah digit yang sesuai. Maksudnya ada 1 nomor yang posisinya tepat dan 1 nomor yang angkanya sesuai tertera di pikiran pemain ke-2. Selanjutnya, pemain ke-2 menebak 4271. Pemain pertama kudu beri clue -2, dimana ada 2 digit yang sesuai tetapi tidak ada satu digit-pun yang tepat posisinya.
Begitu terus ampe ketemu nomor yang diinginkan dengan menganalisis clue2 yang telah diberikan...
Gimana? rumit juga ia...
Tapi begini2, Game ini recently paling populer di kelas gw, Lho.
Gw kasi bintang 5 dech! nyoh... -----> * * * * *

Yap! Untuk sementara begini aja dulu ia. Kalau ada tambahan ntar kapan2 gw tambahin dech. Kalau ada pertanyaan, ya silahkan tanyain aja jangan ragu2.
ng... kalau ada yang ngajak maen...
Alright! yuk!
gw seneng banget bisa maen game2 ni...
Hihihihi ^^

0 komentar: