Rabu, 25 Februari 2009

Cara baik dalam belajar

Diposting oleh Evan

Ni nge-review dulu iah. . .

Fakta2 era terdahulu, bahwa :
1. Telah kita ketahui, bahwa "Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa."
Di tambah lagi,
2. "Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam Belajar tepatnya pelajaran berlangsung dibimbing oleh Bapak atau Ibu Guru."
ya kan? masa ama kakek nenek panti jompo... ^^
Oke2 lanjut,
3."Belajar yang baik juga dapat dilakukan di rumah, baik dengan maupun tanpa PeEr -Pekerjaan Rumah-" (Not : Permainan Rahasia)
Dan terakhir dari sementaranya... (??)
4. "Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik."

Nah, yang terakhir ini gw setuju banget. Gimana pendapat lo?

Yosh!!
Itu tadi sekedar mengutarakan hal2 yang berkaitan dengan belajar. Yaw, ngerti laa remaja2 saat ini jenah banget kalo ngedenger kata tersebut, apalagi melakukannya. Tapi, sebagai anak bangsa Indonesia yang baik, belajar itu tiada salahnya bagi kita malah bahkan sangat bermanfaat.
Jangan pula engkau contohi Albert Einstein yang (katanya) saat dini gag belajar pun, kelak uda menciptakan generasi ilmu yang 'gaul' seperti sekarang.
Tetapi contohilah usahanya, yakni semangat dalam mencari jawaban. . . iya?

Yawdah, teman2, Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat menjadi masukan dalam mempersiapkan diri tuk menghadapi ulangan atau ujian :

1. Belajar Kelompok

Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman2 (Hhe.. jadi inget di masa TK)
Ya, teman2, disini berperan sebagai pedamping atau partner belajar. Apalagi dia adalah lawan jenis dari kita sendiri. Hhe, , , semangat dah!^^
Apalagi belajar kelompok ini dilakukan di rumah sendiri, sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya dalam belajar ini didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. (Kalo perlu, ajak aja mereka maen... ^^)
Juga, belajar kelompok ini ada baiknya kita mengajak teman2 yang pandai dan rajin belajar, agar yang tidak pandai jadi ketularan pinter. Dalam belajar kelompok, biasa yang dilakukan adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar. Baik yang uda dijelasin guru maupun belum dijelasin guru. Atau bisa juga membuat PR bareng2. Ataunya lagi, rembug buat strategi conteg pas ulangan... Ups!!

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran.

Ingak! jangan sampai lupa catatan kecil itu harus dibawa, keep in mind. Bagian2 penting dari pelajaran tu kudu dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang fleksibel sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. As "kecil" as possible...
Namun catatan tersebut jangan pernah kamu jadiin media mencontek karena jelas ini dapat merugikan kita sendiri.
Yaealaa... doyce! Masa duplikat jawaban orang laen? be yourself laa, , , Gengsi donk cye! ^^

3. Membuat Perencanaan Yang Baik

Gw inget ni pepatah, 'Untuk mencapai tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik'. Bisa diterima kan??
Nah, dengan initializing n ngaplikasi hal itu, ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu dikoreksi baik2. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan you2 pade menargetkan yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik. Siip??

4. Disiplin Dalam Belajar

Apabila kita telah membuat jadwal belajar, maka jadwal tersebut harus diterapin dengan baik. Nee ya, contohnya seperti belajar dengan konsentrasi penuh tepat waktu dan serius tuk nggak maen2. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba, maka jangan menunda nunda. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut kalo waktu belajar belum usai. Remember that, Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya jadwal maen2 ntu kamu atur dengan waktu yang cukup panjang namun ngga melelahkan jika dilakuin sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilihlah game yang mendidik dan nggak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah. For example iak, who wants to be a millionaire, bagus tu mendidik banget!! kebanyakan soal2nya bapak2 ibu2, yang biasa keluar di TTS... ^^

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Kakek gw pernah ngomong, 'Malu bertanya, sesat dijalan'. Artinya, Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada seseorang. Dalam belajar, tanyain hal2 yang ngmumetin ntu pada guru, teman atau orang tua. Klo bertanya, biasanya kita inget jawabannya. O iya, dalam bertanya sebaiknya bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.
Tuh, sekalian diskusi, gw suka banget diskusi. . . what about u? ^^

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun.

Klo belajar di kelas, dengarin dan klo bisa catet apa yang guru jelasin. Catat2 yang penting karena bisa aja hal ntu nggak ada di buku dan nantinya plong!! akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang, bacalah kembali catatan yang uda dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita udah merasa mantep tep tep dengan suatu pelajaran, maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab. Seperti dalam hidup, koreksi diri ndiri selagi sempet. Kalo nggak bisa2 di tengah jalan mampet Hhe ^^


7. Hindari Belajar Berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat, biasanya kita akan panik2 nggak jelas, baik yang udah siap maupun apalagi yang belon. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan membuat contekan atau dengan Sistem Kebut Semalam, yakni belajar hingga larut malam / begadang. Ni gag baik banget. Sebaiknya ketika akan ujian kita tetap tidur tepat waktu. Ingat! jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak. Betul! apalagi klo anak2 ini pada merokok. . . (Hah??) ^^

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian

Hindari mencontek! ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Sudah menjadi panutan sehari2, bahwa Mencontek dapat mengakibatkan impoten, kerusakan batin dan janin. (What?? Oh, God!!)
Hha ktipu! nggak2, Just Kidding ^^
Bener! itu mencontek dapat membuat sifat curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Ya gag? Seperti sifat manusia pada umumnya, tidak pernah puas. Ya, anggaplah dengan nyontek kita pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan. Nah lo! gw nggak mau masuk penjara karena mencontek... ^^

Yaw, Ni resensi yang simpel2 aja, semoga tips cara belajar yang (mudah2an) benar ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, amin........

FYI : Pesan ini disponsori oleh...
si 'google' (http://www.google.com)
search : Tips belajar yang baik

1 komentar:

Uneg-uneg is my favorite mengatakan...

Sip. Okelah kalo begitu!